Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, menjelaskan angka ini lebih baik dibanding 2024 yang hanya 88,20. “Capaian ini menunjukkan jamaah haji Indonesia menerima layanan penyelenggaraan haji secara sangat memuaskan,” ujarnya, Rabu (10/9/2025).
PKBTalk24 | Jakarta ~ Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja merilis hasil survei Indeks Kepuasan Jamaah Haji Indonesia (IKJHI) 2025. Hasilnya bikin senyum lega: skor kepuasan jamaah haji tahun ini tembus 88,46 poin alias masuk kategori sangat memuaskan.
Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, menjelaskan angka ini lebih baik dibanding 2024 yang hanya 88,20. “Capaian ini menunjukkan jamaah haji Indonesia menerima layanan penyelenggaraan haji secara sangat memuaskan,” ujarnya, Rabu (10/9/2025).
Transportasi Jadi Bintang Layanan
Dari semua aspek, layanan Bus Shalawat mencatat skor tertinggi, yakni 92,15 poin, disusul Bus Antarkota 91,62 dan Petugas Haji 89,72. Bahkan, layanan akomodasi tenda tahun ini mencatat lonjakan terbesar, naik 2,27 poin dibanding tahun lalu.
Bandara, Makkah, Madinah Memuaskan – Armuzna Perlu Diperbaiki
Jika dilihat per lokasi, Bandara mendapat skor paling tinggi (91,48 poin), disusul Makkah 89,14 dan Madinah 89,12. Satu-satunya catatan datang dari Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina) yang skornya masih di bawah, yakni 84,84.
Perempuan Dominan, Usia Jamaah Mayoritas 40+
Survei ini melibatkan 14.400 jamaah dengan kuesioner dan wawancara langsung di tujuh titik pengamatan. Menariknya, mayoritas jamaah haji Indonesia tahun 2025 adalah perempuan (55,54%), serta sebagian besar berusia di atas 40 tahun (89,71%). Dari sisi pendidikan, hampir 29% berpendidikan tinggi, sementara 26% lulusan SMA/MA.
BPS juga mengembangkan survei tahun ini dengan menambahkan aspek layanan ramah lansia dan disabilitas, untuk memastikan semua jamaah mendapat pengalaman ibadah haji yang lebih inklusif.
Hasil IKJHI bukan sekadar angka, tapi cermin dari keberhasilan pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan haji. Data ini juga jadi bahan evaluasi untuk perbaikan penyelenggaraan haji tahun-tahun berikutnya.
Layanan haji 2025 dapat rapor “sangat memuaskan”, dengan transportasi sebagai juara. PR ke depan: perbaikan layanan di Armuzna. (AKH)