- “Pelayanan kesehatan adalah salah satu aspek yang sangat krusial bagi kesejahteraan masyarakat. Sayangnya, saya menerima banyak laporan bahwa keramahan dan profesionalisme petugas kesehatan masih belum memadai,”ujar H. Sutikno.
- “Hospitality dalam pelayanan kesehatan sangat penting. Pasien harus merasa nyaman dan dihargai, bukan hanya sebagai objek perawatan, tetapi sebagai manusia yang membutuhkan perhatian dan empati,”tegasnya.
PKBTalk24 | Jakarta ~ H. Sutikno, anggota Komisi E, FPKB DPRD DKI Jakarta, menyampaikan keprihatinannya atas standar layanan petugas kesehatan di beberapa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta.
Anggota DPRD yang juga terpilih kembali di Pileg 2024 dari Dapil VII Jakarta untuk periode 2024-2029 ini, menyoroti kurangnya penerapan prinsip hospitality atau keramahan dalam pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.
Temuan tersebut, ujar H. Sutikno didapatkan dari kunjungan kerja dan inspeksi mendadak yang dilakukannya di beberapa RSUD di Jakarta, seperti RSUD Tarakan dan RSUD Pesanggrahan dalam rentang waktu yang berdekatan, pertengahan Juni 2024.
Politisi dari PKB ini mengaku, selama inspeksi mendadak ke dua RSUD tersebut pertengahan Juni 2024, menemukan banyak keluhan dari pasien dan keluarga pasien mengenai sikap dan pelayanan petugas kesehatan yang dianggap kurang ramah dan tidak profesional.
“Pelayanan kesehatan adalah salah satu aspek yang sangat krusial bagi kesejahteraan masyarakat. Sayangnya, saya menerima banyak laporan bahwa keramahan dan profesionalisme petugas kesehatan masih belum memadai,”ujar H. Sutikno dalam keterangan yang dibagikan kepada awak media, Kamis (18/7/2024).
Lebih lanjut, ia menambahkan, pelayanan kesehatan yang baik bukan hanya tentang kemampuan medis, tetapi juga tentang bagaimana petugas kesehatan berinteraksi dengan pasien.
“Hospitality dalam pelayanan kesehatan sangat penting. Pasien harus merasa nyaman dan dihargai, bukan hanya sebagai objek perawatan, tetapi sebagai manusia yang membutuhkan perhatian dan empati,”tegasnya.
Karenanya, H. Sutikno mendesak kepada pihak manajemen RSUD untuk segera melakukan evaluasi dan peningkatan kualitas pelayanan, khususnya dalam hal keramahan dan interaksi dengan pasien.
Ia juga mengusulkan agar dilakukan pelatihan khusus bagi petugas kesehatan tentang pentingnya hospitality dalam pelayanan kesehatan.
“Kami di DPRD DKI Jakarta akan terus memantau perkembangan ini dan memastikan bahwa setiap warga Jakarta mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan bermartabat. Kami juga akan mengusulkan adanya regulasi yang lebih ketat terkait standar pelayanan di rumah sakit,” ujar H. Sutikno.
Ia berharap perhatian serius dari pihak legislatif, selaku mitra kerja Dinas Kesehatan DKI Jakarta, bisa menjadi jembatan bagi peningkatan kualitas pelayanan di sejumlah RSUD di DKI Jakarta.
“Harapannya, masyarakat bisa merasa lebih aman dan nyaman saat membutuhkan layanan kesehatan, sehingga kualitas kesehatan masyarakat Jakarta bisa meningkat,”ujar H. Sutikno menegaskan. (*)
Setuju profesionalitas dan empati harus di tingkatkan, tetapi tidak bisa dari 1 sudut pandang saja.. edukasi tentang hak dan kewajiban pasien juga perlu diketahui oleh masyarakat. Tenaga kesahatan juga punya hak dan kewajiban masing masing. BPJS juga punya aturan. Monggo dicermati